Peserta MOPDB datang pukul 06.00 waktu arek smansa. Terima kasih

Welcome ^_^

Welcome ^_^

Acara STC ( Story Telling Contest )

STORYTELLING CONTEST 2011

A.      PENDAHULUAN
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang terampil dan bertanggung jawab dalam meneruskan cita-cita bangsa serta dapat menjadi generasi yang bermoral tinggi, kreatif, inovatif, dan mandiri demi masa depan yang lebih cerah, maka generasi muda harus membekali dirinya sedini mungkin.
                Standar Kompetensi dalam Kurikulum Satuan Pendidikan yang harus dicapai peserta didik yaitu adanya unsure pengembangan diri. Untuk itu, salah satu cara melaksanakan hal tersebut yaitu dengan menyelenggarakan kegiatan kompetisi Storytelling Contest bagi para pelajar SMP/MTs se-Kabupaten Banyuwangi. Diharapkan melalui kegiatan kompetisi ini, dapat mewujudkan pengembangan diri generasi muda dalam mempersiapkan pendidikan di era globalisasi yang terus berkembang.

B.      DASAR KEGIATAN
Penyelenggaraan kegiatan Bazar Jajanan dan Pemilihan Putra-Putri SMANSA Periode 2011-2012 di SMA Negeri 1 Glagah didasarkan pada :
1.       UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.       Program kerja OSIS SMAN 1 Glagah periode 2011/2012   '


C.  TUJUAN 


Tu   Tujuan diselenggarakan kegiatan Storytelling Contest ini yaitu sebagai wadah berkompetisi para siswa SMP/MTs se-Kabupaten Banyuwangi di bidang bahasa inggris. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengalaman para siswa dalam belajar Bahasa Inggris dengan metode kompetisi.


D.      JENIS, WAKTU, DAN TEMPAT KEGIATAN
Jenis Kegiatan                   : Storytelling Contest
Waktu                               : 07.00 WIB – selesei
Hari/Tanggal                      : Sabtu, 3 Desember 2011
Tempat                              : Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kab. Banyuwangi

E.       PERSYARATAN PESERTA
Persyaratan untuk mengikuti kegiatan ini yaitu :
1.       Siswa SMP/MTs kelas VII, VIII, maupun kelas IX
2.       Membayar uang registrasi
3.       Mengisi formulir pendaftaran

F.       KEJUARAAN DAN HADIAH
Juara I                                  : Trophy + Piagam + Uang Tunai
Juara II                                 : Trophy + Piagam + Uang Tunai
Juara III                                : Trophy + Piagam + Uang Tunai
Harapan I                             : Trophy + Piagam + Uang Tunai
Harapan II                            : Trophy + Piagam + Uang Tunai






ABOUT STORYTELLING CONTEST 2011


Kegiatan kompetisi Storytelling Contest ini adalah kegiatan perlombaan bercerita menggunakan kemampuan bahasa inggris yang sudah menjadi agenda tahunan OSIS SMAN 1 Glagah Banyuwangi selama delapan tahun terakhir yang menjadi wadah penyaluran bakat, potensi dan prestasi yang dimiliki oleh pelajar-pelajar SMP/MTs se-Kabupaten Banyuwangi.
Hall atau keringgihan Dinas Kebudayaan dan pariwisata kabupaten banyuwangi menjadi tempat yang dipilih di ajang Storytelling Contest yang ke-8 di tahun 2011 ini. Acara yang dimulai pada pukul 07.00 WIB itu dibuka oleh sambutan Ketua panitia, Diah Fitri Soleha, Kepala SMAN 1 Glagah, Drs. Imam Suudi, dan juga oleh Kepala Dinas Pendidikan kabupaten banyuwang, Drs. Sulihtiyono, M.Pd.
Dari keseluruhan jumlah peserta yang berpartisipasi, akhirnya dari tiap-tiap pool (pool A, pool B, pool C) diambillah tujuh peserta terbaik yang selanjutnya akan diadukan lagi di babak semifinal guna memperoleh 10 orang peserta terbaik untuk merebutkan 5 besar kejuaraan dengan pertimbangan skor dan penilaian para juri dari segi Pronunciation;accent/intonation, Fluency; content/ accuracy dan Performance; expression/the style of public speaking.
Pada babak final inilah, peserta ditantang untuk membawakan sebuah cerita singkat berbahasa inggris tanpa menggunakan teks. Tentunya dengan pemberian waktu karantina sebelumnya selama 30 menit. Tentunya hal ini dapat diketahui siapakah yang lebih mampu berimprovisasi secara cepat dan baik. Akhirnya diperoleh lah para pemenang yaitu sebagai berikut;
Juara I                   :  Rizky Isnantono dari SMPN 1 Genteng
Juara II                  :  Riska Regita dari SMPN 2 Kalipuro
Juara III                 :  Adillah E. Rahma dari SMPN 1 Rogojampi
Harapan I              :  Dennis Deviandoni  dari SMPN 1 Banyuwangi
Harapan II             :  Nabila Belqys dari SMPN 1 Banyuwangi
Semoga kegiatan ini diharapkan mampu menggali potensi, bakat, dan minat serta mengasah kemampuan pelajar SMP/MTs khususnya di wilayah kabupaten Banyuwangi lebih baik lagi dari tahun ke tahun dan terus berkembang.









ENGLISH PRESENTATION CONTEST 2012

A.      PENDAHULUAN
Mengetahui dasar potensi generasi muda saat ini yang terus berkembang, membuat para pelajar semakin dituntut dapat bersaing dan berkembang di era globalisasi dan modernisasi bahasa pada zaman sekarang. Kemampuan dalam berbicara bahasa asing, khususnya bahasa inggris yang sudah dikenal sebagai bahasa Internasional, mampu membawa para pelajar semakin mudah berkomunikasi dan bersosialisasi secara lebih luas. Hal ini dapat dimanfaatkan para generasi muda untuk memperkenalkan berbagai tempat-tempat pariwisata yang ada di Indonesia khususnya di wilayah Banyuwangi  tidak hanya pada masyarakat dalam negeri , tetapi juga pada masyarakat luar negeri. Maka dari itu diselenggarakanlah sebuah kegiatan pengembangan potensi baik Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam(SDA) melalui suatu kompetisi English Presentation Contest bagi pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Banyuwangi.

B.      DASAR KEGIATAN
Penyelenggaraan kompetisi English Presentation Contest ini didasarkan pada :
3.       UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
4.       Program kerja Guru MGMP Kab. Banyuwangi
5.       Kerja OSIS SMAN 1 Glagah periode 2011/2012

C.    TUJUAN
            Tujuan diselenggarakan kegiatan English Presentation Contest ini yaitu sebagai wadah berkompetisi para siswa SMA Negeri se-Kabupaten Banyuwangi di bidang Pariwisata berbasis presentasi dalam bahasa inggris yang bertujuan untuk menambah pengalaman para siswa , mampu memperkenalkan budaya dan pariwisata yang dimiliki oleh banyuwangi dengan metode presentasi dalam kompetisi.

D.      JENIS, WAKTU, DAN TEMPAT KEGIATAN
Jenis Kegiatan                   : English Presentation Contest
Waktu                                   : 08.00 WIB – selesei
Hari/Tanggal                       : Sabtu, 11 Februari 2012
Tempat                                                : SMA Negeri 1 GLAGAH Banyuwangi

E.     PERSYARATAN PESERTA
Persyaratan untuk mengikuti kegiatan ini yaitu :
1.       Siswa SMA negeri kelas X dan XI
2.       Membayar uang registrasi
3.       Mengisi formulir pendaftaran

F.     KEJUARAAN DAN HADIAH
Juara I                                  : Trophy + Piagam + Uang Tunai
Juara II                                 : Trophy + Piagam + Uang Tunai
Juara III                                : Trophy + Piagam + Uang Tunai
Harapan I                             : Trophy + Piagam + Uang Tunai
Harapan II                            : Trophy + Piagam + Uang Tunai





ENGLISH PRESENTATION CONTEST

            Acara ini diselenggarakan oleh Perhimpunan Guru-guru MGMP Bahasa Inggris kabupaten Banyuwangi untuk pertama kalinya. OSIS SMA Negeri 1 Glagah ditunjuk sebagai panitia lomba dalam acara tersebut. Perlombaan yang dilaksanakan di Aula besar SMA Negeri 1 Glagah diikuti oleh kurang lebih 20 Sekolah Menengah Atas Negeri yang setiap sekolahnya wajib mengeluarkan 2 hingga 3 orang perwakilannya guna menunjukkan kemampuannya dalam memperkenalkan berbagai tempat-tempat pariwisata di Kabupaten Banyuwangi dalam bentuk media presentasi menggunakan media proyektor dan menjelaskan menggunakan penyampaian bahasa inggris.
            Para peserta dituntut mampu menggunakan kemampuan berbahasa inggrisnya dengan baik, benar  serta daya kreatifitas yang dimilikinya dalam mempresentasikan materi agar para juri tertarik dan patut diperhitungkan keluar sebagai juara. Tidak tanggung-tanggung, dari pihak MGMP menghadirkan seorang juri langsung dari Australia bernama Mr. Daniel. Disamping itu juga ada juri bahasa inggris dari pihak MGMp, pihak pariwisata, dan Ahli IT yang handal. Sehingga persaingan semakin ketat diantara para peserta tersebut.
            Akhirnya diambillah 10 peserta teratas dari perolehan nilai dan dipilihlah 5 orang yang mendapatkan thropy, piagam, dan uang tunai.
            Harapan dari acara ini sendiri adalah mapu terlaksana kembali ditahun berikutnya dengan lebih baik lagi, dan juga akan menjadi agenda tahunan pihak Perhimpunan Guru-guru MGMP Bahasa Inggris kabupaten banyuwangi nantinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar