Peserta MOPDB datang pukul 06.00 waktu arek smansa. Terima kasih

Welcome ^_^

Welcome ^_^

Pendaftaran Peserta Didik Baru Mandiri dan Akselerasi 2013









PENDAHULUAN
Manusia dianugerahi Tuhan Yang Maha Esa kemampuan dan potensi masing-masing.  Tidak ada yang sama antara satu dengan yang lain. Potensi-potensi yang telah dimiliki ini akan berkembang secara optimal dan bermanfaat apabila mendapatkan perlakuan stimulus yang tepat.  Sumber daya manusia yang optimal dibutuhkan dalam pengembangan masyarakat.  Hal ini berkaitan dengan kualitas pendidikan yang diberikan.
Pendidikan harus disesuaikan dengan bakat dan kemampuan siswa.  Apabila siswa memiliki kecerdasan dan bakat istimewa, maka diperlukan pelayanan pendidikan khusus, (UU Sisdiknas No. 20/2003 : Pendidikan khusus dan layanan khusus : “Pendidikan khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial dan/atau memiliki potensial keceradasaan dan bakat istimewa.  Dapat diselenggarakan secara inklusif atau berupa satuan pendidikan khusus).
Pendidikan umum yang bersifat masal selama ini kurang memperhatikan perbedaan individu yang meliputi kecakapan, minat dan bakatnya.  Pendidikan khusus untuk peserta didik yang memiliki kecerdasan istimewa melalui sekolah-sekolah yang mempunyai program khusus dianggap selaras dengan fungsi utama pendidikan yaitu mengembangkan potensi peserta didik secara utuh dan optimal.
Pendidikan khusus yang diselenggarakan bukan dimaksudkan untuk melakukan diskriminasi pada peserta didik akan tetapi memberikan pelayanan khusus sesuai dengan kebutuhan peserta didik.  Melalui penyelenggaraan pendidikan khusus diharapkan potensi-potensi yang selama ini belum dikembangkan secara optimal, akan tumbuh dan menunjukan kinerja serta hasil yang baik.
Dalam rangka mengakomidasi kebutuhan anak didik yang memiliki kecerdasan istimewa tersebut SMA Negeri 1 Glagah menyelenggarakan program khusus berupa program Percepatan Belajar (Akselerasi).
II. DASAR
  1. SK Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi No. 421.3/771/429.102/2010 tanggal 25 Maret 2010 tentang Izin penyelenggaraan Kelas Akselerasi.
  2. SK Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur No. 188.4/3602/103/03/2010 tanggal 11 Juni 2010
III. VISI
Sekolah unggul dalam prestasi akademik, nonakademik, berpijak pada nilai Imtaq dan Iptek serta kepribadian bangsa.
IV. TUJUAN
  1. Memberikan kesempatan kepada peserta didik cerdas istimewa untuk mengikuti program pendidikan sesuai dengan potensi kecerdasan yang dimiliki,
  2. Memenuhi hak asasi peserta didik cerdas istimewa sesuai kebutuhan bagi dirinya,
  3. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pembelajaran bagi peserta didik cerdas istimewa,
  4. Membentuk manusia berkualitas yang memiliki kecerdasan spiritual, emosional, sosial dan intelektual serta memiliki ketahanan dan kebugaran fisik,
  5. Membentuk manusia berkualitas yang kompeten dalam pegetahuan dan seni, berkeahlian dan berketrampilan, menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab, serta mempersiapkan peserta didik mengikuti pendidikan lebih lanjut dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
V. MITRA KERJA
  • PLP (Pusat Layanan Psikologi) Univesitas Muhammadiyah Malang
  • FKIP Universitas Jember
VI. PAGU
  1. Akselerasi                 : 20 Siswa / 1 Kelas
  2. Reguler Unggulan       : 96 Siswa / 3 Kelas
VII. JADWAL KEGIATAN
A.  Pendaftaran
  1. Tanggal 2 – 3 Mei 2013 pukul 07.30 – 12.00 WIB di SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi
  2. Syarat Pendaftaran
    - menyerahkan fotocopy Laporan Hasil Belajar (rapor) kelas VII, VIII, IX yang dilegalisir Kepala Sekolah
    - menyerahkan piagam penghargaan kejuaraan bidang akademik yang dikeluarkan oleh pihak berwenang tingkat Provinsi maupun Nasional (bagi yang memiliki)
    - mengisi blanko pendaftaran
B. Sistem Seleksi 
  1. Seleksi Administrasi
    - Nilai rata-rata rapor setiap semester minimal 80
    - Nilai masing-masing mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, IPA dari semester 1 s.d 5 minimal 3 angka diatas KKM
    - Pengumuman seleksi administrasi hari Senin tanggal 6 Mei 2013 pukul 10.00 WIB
  2. Tes Psikologi hari Minggu tanggal 12 Mei 2013 pukul 07.30 – 13.00 WIB
  3. - Tes potensi akademik : Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 14 Mei 2013 pukul 08.00-11.00 WIB
    - Pengumuman hasil Tes potensi akademik dan Tes Psikologi hari Sabtu tanggal 18 Mei 2013 pukul 10.00 WIB
  4. Wawancara bagi Orang Tua dan Calon Peserta Didik pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 24 dan 25 Mei 2013 pukul 08.00-selesai
  5. Pengumuman hasil akhir pada hari Senin tanggal 27 Mei 2013 pukul 10.00 WIB
  6. Matrikulasi Tanggal 12-18 Mei 2013
VIII. BIAYA
Biaya Pendaftaran “GRATIS”
IX. KETENTUAN LAIN
  • Peserta didik yang tidak diterima, dapat mendaftar di kelas reguler melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mandiri dan online.
  • Peserta didik dari luar Kabupaten Banyuwangi tidak dibatasi jumlah pendaftar dan tidak harus mendapat rekomendasi dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Peserta didik yang dinyatakan diterima baru menyerahkan surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan.
  • Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan di SMA Negeri 1 Glagah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar